Kemenkes: Stunting Turun Jadi 27,67 Persen

Posted on

Menkes umumkan stunting di Indonesia turun menjadi 27,67 persen (Foto: Lamhot Aritonang) Menkes umumkan stunting di Indonesia turun menjadi 27,67 persen (Foto: Lamhot Aritonang)

Jakarta – Angka stunting balita Indonesia berada di 27,67 persen pada tahun ini. Angka tersebut mengalami penurunan sekitar 3,1 persen dari 30,8 persen di tahun 2018. Perhitungan ini merupakan kerja sama Kemenkes dengan BPS (Badan Pusat Statistik).

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menuturkan angka tersebut merupakan hal yang baik, meskipun belum menyentuh angka yang diperlukan WHO yaitu 20 persen.

“Tentu saya ingin nanti pekerjaan ini jikalau dihitung 5 tahun ke 2024, setiap tahun turun 3 persen, udah sanggup di bawah 20 persen. Kaprikornus itu kiprah selanjutnya,” ungkapnya dalam Soft Launching Prevalensi Stunting Tahun 2019 di Kementerian Kesehatan RI, Jumat (18/10/2019).

Selama ini Indonesia menerima sorotan dunia, lantaran negara yang menjadi anggota G-20 ini memiliki angka stunting cukup tinggi yaitu menyentuh angka 37 persen menyerupai Ethiopia. Penurunan angka prevalensi stunting menjadi 27,67 menciptakan posisi Indonesia ada di posisi stunting menengah.

Kemenkes sendiri sudah melaksanakan intervensi penurunan stunting dengan memperlihatkan derma kuliner dan bantu-membantu kementerian lainnya memperlihatkan perbaikan sanitasi. Namun, intinya stunting sanggup diatasi dimulai dari keluarga, terutama dalam hal contoh asuh dan asupan makanan sehat.

“Yang harus berubah sikap itu masyarakat. Kita harus jaga diri kita sendiri. Kita semua bekerja sama,” kata Menkes.

Simak Video “Kampanye Positif Tingkatkan Kepedulian dan Pemahaman Soal Kanker
[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

MINYAK KUTUS KUTUS MEMBANTU PROSES PENYEMBUHAN LEBIH DARI 50 PENYAKIT
63 MANFAAT MINYAK KUTUS KUTUS UNTUK MEMBANTU KESEHATAN ANDA BERSAMA KELUARGA

Harga 230.000 Pemesanan klik Agen Resmi Minyak Kutus Kutus